|
PERANAN INTRANET DALAM TEKNOLOGI INFORMASI
Informasi dapat
diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya
informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan
perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan
bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu
tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya,
sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang
pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan
pesaingnya.
Memahami konsep
dasar informasi sangat penting dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif.
Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas
adalah tujuan dalam mendesain sistem baru. Sebuah perusahaan mengadakan
transaksi-transaksi yang harus diolah agar bisa menjalankan kegiatannya
sehari-hari. Daftar gaji harus disiapkan, penjualan dan pembayaran atas
perkiraan harus dibutuhkan, semua ini adalah kegiatan pengolahan data dan harus
dianggap bersifat pekerjaan juru tulis yang mengikuti suatu standar prosedur tertentu.
Sistem informasi manajeman digambarkan
sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari
informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan
berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen
sehari-hari. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk
membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian
manajemen. Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi untuk mendukung
perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen.
Berdasarkan
pada pengertian-pengertian di atas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya
Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi
yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut
keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis. Sehingga SIM
adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun
informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi.
Intranet adalah
sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja
digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warnet pun dapat di
kategorikan intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan
yang lainnya melalui Internet yang memberikan sambungan komunikasi jarak jauh.
Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan ke Internet untuk
berfungsi secara benar. intranet menggunakan semua protokol TCP/IP Protokol
TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, klien dan server. Protokol HTTP
umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet
dapat dianggap sebagai versi pribadi dari jaringan internet. Jika sebuah badan
usaha atau bisnis atau institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya
ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet.
Intranet mulai
diperkenalkan pada tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang
mengacu kepada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan.
Intranet merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan
komunikasi data standar seperti dalam internet. Artinya, semua fasilitas
intranet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau komunitas.
Saat ini perangkat elektronik pintar sudah merambah di seluruh aspek kehidupan
contohnya di kantor, sekolah, rumah. Beberapa sekolah sudah menerapkan
teknologi intranet. Seluruh komputer terhubung dengan satu jaringan lokal.
Intranet sebagai pendatang baru mengandalkan biaya yang murah, fleksibilitas,
open standard, dan banyaknya vendor yang bergabung dalam menigkatkan kemampuan
intranet serta jaminan perkembangan teknologi yang makin meningkat
kemampuannya.
Intranet
digunakan untuk membantu alat dan aplikasi, misalnya kolaborasi dalam kerja
sama (untuk memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi) atau
direktori perusahaan yang sudah canggih, penjualan dan alat manajemen hubungan
dengan pelanggan, manajemen proyek untuk memajukan produktivitas. Intranet juga
digunakan sebagai budaya perusahaan perubahan platform. Sebagai contoh,
sejumlah besar karyawan membahas isu-isu kunci dalam aplikasi forum intranet
dapat menyebabkan ide-ide baru dalam manajemen, produktivitas, kualitas, dan
isu-isu perusahaan lainnya.
Survei pengguna
juga meningkatkan efektivitas situs intranet. Bisnis yang lebih besar
memungkinkan pengguna dalam intranet mereka untuk mengakses internet publik
melalui server firewall. Mereka
memiliki kemampuan menangani pesan yang datang dan pergi serta menjaga keamanan
yang utuh. Ketika bagian dari intranet diakses oleh pelanggan dan lainnya di
luar bisnis, menjadi bagian dari sebuah extranet. Bisnis dapat mengirim pesan
pribadi melalui jaringan publik, menggunakan enkripsi khusus atau dekripsi dan
perlindungan keamanan lainnya untuk menghubungkan satu bagian dari intranet
mereka yang lain.
Pengguna
intranet yang berpengalaman, editorial, dan tim teknologi bekerja sama untuk
menghasilkan website. Paling umum, intranet dikelola oleh departemen
komunikasi, HR atau CIO organisasi besar, atau kombinasinya. Kebutuhan intranet
didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
- Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
- Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi.
- Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar